Wednesday 16 October 2013

Tugas ISD # 1 Ilmu Sosial Dasar


A.                Hakekat Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar Dalam Perguruan Tinggi
Ilmu Sosial Dasar (ISD) ialah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah–masalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
Pada hakikatnya, tujuan ilmu sosial dasar yang diajarkan disetiap perguruan tinggi adalah sebagai berikut :
1.                  Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.                  Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga Indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
3.                  Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat.
4.                  Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka.
5.                  Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
6.                  Menyadari bahwa setiap masalah yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks.

B.                 Fungsi Ilmu Sosial Dasar Dalam Perguruan Tinggi
Secara spesifik, fungsi mempelajari Ilmu Sosial Dasar dalam perguruan tinggi adalah memberikan pengetahuan agar dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.  Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan kenyataan social dan masalah masalah social dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin (interdisiplin dan atau multidisiplin) dengan memanfaatkan pengertian pengertian (fakta,konsep, teori) yang berasal dari lapangan ilmu ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi dan psikologis sosial.

C.                Perbedaan Dan Persamaan Antara Ilmu Sosial Dasar Dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan. Persamaan ISD dan IPS yaitu :
1.                  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
2.                  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.                  Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara ISD dan IPS yaitu :
1.                  Ilmu sosial dasar diberikan di perguruaan tinggi, ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
2.                  Ilmu sosial sasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
3.                  Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

D.                Hubungan/Kolerasi Dari Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar Dengan Jurusan Teknik Industri
Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan lulusan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri atas :
1.                  Kemampuan akademik
2.                  Kemampuan profesi
3.                  Kemampuan pribadi
Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki tersebut diharapkan lulusan sarjana teknik industri pada umumnya menjadi sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang industri serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat pada umumnya melalui kemampuan akademik. Adapun mereka juga dibekali dengan kemampuan pribadi, salah satunya dengan mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ini sehingga mampu menelaah masalah-masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat. Jadi, mahasiswa juga dapat memperoleh gagasan dalam pembuatan karya yang berkaitan dengan sosial masyarakat. 3 kemampuan inilah yang harus dimiliki oleh lulusan mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya.

No comments:

Post a Comment